Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

KDK Kebonsari Kulon Gelar Pelatihan Produksi Keripik Pisang, Fasilitasi Rencana Aksi

Kota Probolinggo—Pertemuan Rutin KDK Kebonsari Kulon dihelat Sabtu (25/05/2024) pukul 08.00 WIB dengan dikemas kegiatan Pelatihan Produksi Keripik Pisang. Kegiatan bertempat di rumah Kasiyati, Fasilitator Kelurahan Kebonsari Kulon, Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 10, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Pelatihan ini dihadiri oleh tiga puluh orang yang terdiri dari para pengurus KDK, anggota KDK, dan stakeholder kelurahan. Pelatihan Produksi Keripik Pisang ini difasilitasi oleh Program SOLIDER-INKLUSI.


Acara dipandu oleh Fasilitator Kelurahan yang menjelaskan kegiatan pertemuan kali ini akan melakukan pelatihan pembuatan Keripik Pisang. Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua KDK Kebonsari Kulon, Dedi Kurniawan. Mas Dedi menyampaikan terima kasih yang banyak atas kehadiran para peserta pada pertemuan pagi hari itu. Pertemuan kali ini diisi dengan kegiatan Pelatihan Produksi Keripik Pisang yang akan dipandu oleh PKK Kelurahan Kebonsari Kulon. "Mari mengikuti kegiatan ini dengan baik dan nanti kalau sudah bisa, kita bikin bersama untuk dipasarkan sebagai produk unggulan dari KDK Kebonsari Kulon," ucap Mas Dedi. 


Acara selanjutnya, yaitu materi dan praktik pelatihan yang akan disampaikan oleh Tatik S. sebagai salah satu anggota PKK Kebonsari Kulon. "Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian mari kita belajar bersama cara membuat Keripik Pisang dan saya sudah bagikan resep dan kebutuhan alat dan bahan-bahannya," kata bu Tatik. Beliau melanjutkan, "Mari kita sekarang merapat ke tempat pembuatan Keripik Pisang," ajaknya, "semua peserta ayo ikut melihat proses pembuatannya."


Proses penyiapan alat dan bahan-bahan pembuatan Keripik Pisang/Istimewa


Langkah pertama yaitu diawali dengan memilih pisang yang setengah matang kemudian pisang bisa dikupas lalu dicuci sampai bersih. Kemudian, pisang tersebut diiris-iris tipis agar nanti renyah pada saat digoreng. Masuk ke proses penggorengan, pisang yang tengah digoreng ditaburi air gula untuk memberi rasa manis atau air garam untuk memberi rasa umami. "Nanti, KDK bisa juga memberi inovasi, misal dengan membuat varian rasa cokelat, balado, atau pedas sesuai dengan keinginan KDK Kebonsari Kulon," jelas bu Tatik.


Pada acara ini, Fasilitator Kelurahan membantu mengungkapkan bahwa nantinya Keripik Pisang ini akan menjadi rencana aksi KDK Kebonsari Kulon. "Jadi, mari bersama untuk bisa bahu-membahu mengenalkan dan memasarkan Keripik Pisang made-in KDK," kata bu Kasiyati, Fasilitator Kelurahan Kebonsari. Selanjutnya, acara ditutup dengan kesepakatan untuk mempraktikkan ulang pembuatan Keripik Pisang tersebut di bulan Juni dan akan memasarkannya di sekitaran rumah KDK Kebonsari Kulon.


Hasil pelatihan pembuatan Keripik Pisang yang belum dibungkus/Istimewa






Reporter: Kasiyati
Penulis: Kasiyati
Editor: Ahmad Faiz

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.