Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Sosialisasi Loket Pembayaran Online oleh KDK Curahgrinting

Kota Probolinggo—Rabu (12/06/2024), Kelompok Difabel Kelurahan (KDK) Curahgrinting mengadakan Sosialisasi Loket Pembayaran Online (Online Multi Payment) di Kelurahan Curahgrinting, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.30 WIB dan dihadiri oleh Pemerintah Kelurahan Curahgrinting, perwakilan RW dan RT setempat serta pengurus dan anggota KDK Curahgrinting. Sosialisasi ini merupakan bagian dari implementasi rencana aksi KDK, yakni mendirikan loket pembayaran online untuk memudahkan warga Kelurahan Curahgrinting membayar sejumlah tagihan semisal pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). 


Kegiatan dipandu oleh Fasilitator Kelurahan Linda Mayangsari dan diawali dengan sambutan dari Lurah Curahgrinting, Gilang Ramadhan Liyadi, S.STP. Dalam sambutannya, Pak Lurah menyampaikan bahwa pertemuan ini adalah ajang untuk mengajak para RT dan RW memberikan dukungan penuh terhadap loket pembayaran online yang dikelola KDK Curahgrinting. “Diharapkan RT dan RW dapat menyosialisasikan kepada warganya agar aktif membayar PBB melalui loket KDK," ucapnya. Lurah Curahgrinting juga menuturkan, "Dengan dukungan dari para stakeholder ini, loket pembayaran KDK juga diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan warga kelurahan dalam membayar pajak." 


Andy Purwanto, Ketua KDK Curahgrinting, mengungkapkan bahwa loket pembayaran sudah berjalan dengan baik. Namun, loket tersebut masih terkendala partisipasi anggota KDK dalam pelayanan langsung kepada masyarakat. "Kami berharap lebih banyak anggota KDK yang terlibat dalam kegiatan ini, terutama saat kegiatan seperti Posyandu lansia dan balita, untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan pembayaran," kata Andy.


Andy Purwanto saat memberikan sosialisasi Loket Pembayaran Online yang dikelola oleh KDK Curahgrinting di Aula Kelurahan Curahgrinting/Istimewa


Linda Mayangsari menambahkan pula bahwa meskipun keuntungan dari loket pembayaran ini kecil, dampaknya terhadap pelayanan masyarakat sangat besar terutama karena dilaksanakan oleh kelompok difabel. "Pelayanan ini menunjukkan bahwa KDK berperan aktif dalam menciptakan kelurahan yang inklusif," ungkap Linda saat mengakhiri acara sosialisasi.  


Di akhir kegiatan sosialisasi, beberapa undangan menyatakan minat untuk berpartisipasi aktif di dalam loket pembayaran daring yang dikelola oleh KDK Curahgrinting. Sedangkan, undangan lain juga menyatakan dukungannya dan berkomitmen akan menyampaikan informasi terkait loket pembayaran online ini kepada warganya RT dan RW di lingkungannya.


Loket Pembayaran Online yang melayani pembayaran PKB dan PBB saat kegiatan Posyandu di Kelurahan Curahgrinting/Istimewa


Kegiatan sosialisasi yang didukung oleh Program SOLIDER-INKLUSI ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan keterlibatan warga difabel dalam pembangunan dan pelayanan masyarakat di Kelurahan Curahgrinting serta mempermudah akses warga dalam membayar PKB dan PBB melalui loket pembayaran online yang dikelola oleh KDK Curahgrinting. 





Reporter: Linda Mayangsari
Penulis: Linda Mayangsari 
Editor: Ahmad Faiz

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.